Rabu, 12 Oktober 2016

10 Alasan yang menjadikan negara Brunei Surga Dunia

Brunei Darussalam adalah salah satu negara tentangga yang masih memiliki rumpun yang sama dengan Indonesia. Negara ini memang dikategorikan sebagai negara kecil berdasarkan luas wilayah. Namun, siapa sangka bahwa negara penghasil minyak dan gas ini adalah salah satu negara paling kaya di dunia.
Selain kaya, negara Brunei Darussalam juga dikenal sebagai negara yang makmur karena kesejahteraan rakyatnya dijamin oleh negara yang dipimpin oleh seorang sultan ini. Negara ini juga memiliki standar hidup yang paling tinggi diantara negara-negara Asia Tenggara lainnya. Memang negeri brunei tidak terlalu besar, tapi bukan berarti itu yang menyebabkan mereka makmur sejahtera lho. Disana juga ada yang masih perlu dengan membayar, berikut ini daftar kebutuhan manusia disana yang gratis alias dijamin oleh negara.

1. Pendidikan Gratis

Ilustrasi pendidikan | Sumber Gambar




Pendidikan di Brunei Darussalam mulai dari Taman kanak-kanak, Sekolah dasar, Sekolah Lanjut dan Menengah sampai kuliah semuanya gratis. Bahkan jika kuliah keluar negeri pun juga dibiayai oleh negara.
Hal ini berakibat tidak ada disana anak yang terlantar tidak sekolah, semuanya mendapat pendidikan secara layak, hal tersebut juga akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

2. Gratis Air dan Listrik

Ilustrasi  | Sumber Gambar




Salah satu kehebatan Brunei adalah tidak ada biaya air dan listrik, karena semua usaha air dan listrik sudah dipenuhi oleh negara. Sehingga tidak pernah ada namanya masalah air dan listrik disana, kalaupun ada itu hanya masalah teknis saja.

3. Jaminan Kesehatan





Ilustrasi  | Sumber Gambar
Kalau di Indonesia jaminan kesehatan masih bayar, kalau di Brunei gratis abis, tidak membayar sepeser pun.
Bahkan pelayanan dan obat juga disediakan sesuai standart, bukan sekadarnya, yang seperti di Indonesia, jika yang pakai jaminan gratis pelayanan akan diakhirkan.


4. Negara Bebas Pajak
Pernah merasa pusing dengan urusan membayar pajak? Hal ini tidak akan terjadi bagi masyarakat Brunei. Pemerintahan Brunei Darussalam bukanlah negara yang ketat untuk urusan pajak.
Masjid Omar Ali Saifuddien di Bandar Seri Begawan, Ibu Kota Brunei Darussalam [Image Source]
Masjid Omar Ali Saifuddien di Bandar Seri Begawan, Ibu Kota Brunei Darussalam| Sumber Gambar
 Negara ini tidak memberlakukan pajak bagi para penduduknya, bahkan untuk para ekspatriat. Jadi semua penduduk Brunei bisa menjalani hari tanpa pusing memikirkan masalah perhitungan pajak.

5. Biaya Naik Haji





Ilustrasi ibadah haji  | Sumber Gambar
Jika kamu ingin naik haji tapi tidak punya kemampuan biaya, maka pindahlah ke negara Brunei, kamu akan dibiayai untuk naik haji.
Dengan gratis biaya haji, bukan berarti masyarakat royokan ingin duluan berangkat, mereka tetap tertib, menunggu sesuai jadwal dan giliran lho, keren ya guys.

6. Hadiah Nikah





Ilustrasi   | Sumber Gambar
Bagi yang baru menikah, baru berumah tangga, maka akan mendapat hadiah 1 rumah dan 1 mobil, wah keren sekali kan guys?
Hal ini memang pemerintah sangat mendukung pernikahan yang sah daripada pacaran tidak jelas arah.

7. Jaminan Rakyat Miskin





Ilustrasi Kemiskinan   | Sumber Gambar
Bagi rakyat miskin disana akan mendapat jaminan uang untuk hidup, jadi disana tidak ada namanya pengemis, tidak ada namanya gelandangan, pengamen atau pencopet, karena masyarakat yang kekurangan akan dijamin oleh negara.

8. Jaminan Hari Tua dan Kematian





Ilustrasi Kemiskinan   | Sumber Gambar
Kalau di Indonesia hanya Pegawai Negeri Sipil saja yang mendapat uang pensiun, tapi di negeri ini tidak, semua orang tua mendapat uang pensiun. Bahkan ketika meninggal keluarg yang ditinggalkan akan mendapat insentif rutin sebesar 60 juta mata uang Brunei.
Memang sangat mengagumkan guys, keuangan negara tidak banyak diperuntukkan untuk pejabat pemerintahan, tapi lebih banyak digunakan untuk kemakmuran rakyat, semuanya untuk kesejahteraan rakyat.

9. Harga BBM Murah


Punya kendaraan di negara ini juga bukan hal yang membuat pusing atau repot. Harga BBM dan produk minyak lainnya sangat murah di sini.  

Ilustrasi BBM [Image Source]
lustrasi BBM | Sumbe Gambar
Minyak adalah pemasukan terbesar negara ini. Brunei Darussalam kaya akan tambang minyak yang membuat negara ini bisa maju tanpa perlu memberlakukan pajak untuk rakyatnya.

10.Tingkat Kejahatan yang Rendah

Kejahatan besar di negara ini sangatlah jarang terjadi. Kalaupun ada kejahatan yang pernah terjadi, umumnya hanya berupa kejahatan-kejahatan kecil saja.
Kepolisian Brunei [Image Source]
Kepolisian Brunei | Sumber Gambar

Pada tahun 2000-2008, tingkat kejahatan memang sempat meningkat. Karena itulah Sultan kemudian menerapkan hukum Islam di negara tersebut untuk menekan angka kejahatan.


Referensi :
www.tandapagar.com/serba-gratis/ 
www.boombastis.com/brunei-darussalam/14209

Tidak ada komentar:

Posting Komentar