Selasa, 11 Oktober 2016

Seberapa kuat militer Indonesia

Sebagai negara yang mempunyai luas wilayah yang besar dengan ribuan pulau dan lautan luas di dalamnya tak salah bila negara Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar di dunia, untuk melindungi sumber daya alam dan pertahanan dan martabat bangsa, militer mempunyai peranan penting bagi suatu negara, lalu seberapa besarkah militer Indonesia di mata dunia.
Mulai sejak jaman penjajahan, Indonesia telah terkenal dengan kekuatan militernya. Dari mulai peralatan sitem persenjataan (alutsista) moderen serta pasukan terutama yang melegenda. Ini semuanya yaitu hasil jerih payah serta usaha keras dari beberapa pendahulu. Dulu Indonesia adalah negara yang paling disegani bahkan juga ditakuti oleh sebagian negara, termasuk juga Amerika Serikat! Pada th. 1960-an kemampuan militer Indonesia pernah jadi yang terkuat di wilayah bumi sisi selatan. I
berikut caritahupedia mencaritahu fakta-fakta menarik tentang militer Indonesia yang diolah dari berbagai sumber, diantaranya :



1. Anggota Prajurit/Personel

 Tentara Nasional Indonesia cukup membanggakan. Mereka adalah pahlawan di era kemerdekaan. Kegigihannya dalam berlatih begitu hebat, sehingga dapat menciutkan nyali negara mana pun yang berniat mengganggu kedaulatan NKRI.
Pada tahun 2016, dalam skala global, Indonesia menduduki urutan ke-12 dunia sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat. Saat itu Indonesia berada di bawah Polandia dan di atas Australia. Dengan total populasi lebih dari 250 juta penduduk, jumlah personel militer Indonesia mencapai 129.075.188 orang.
Bila dilihat secara keseluruhan, terdapat 107,5 juta lebih yang siap untuk maju berperang ketika dibutuhkan. Sejumlah 476 ribu di antaranya adalah personel garis depan, yang didukung oleh sekitar 400 ribu personel cadangan. Bahkan Indonesia juga memiliki special force army atau biasa disebut Kopassus, salah satu unit khusus yang paling ditakuti di dunia.

2. Peringkat Ketiga Pasukan Elite Dunia




Kopassus Peringkat 3 Di Dunia - Kekuatan Rahasia Militer Indonesia
tipsartikeldanpengetahuan.wordpress.com
Menurut Discovery Channel Military edisi 2008, Kopassus berada di posisi tiga pasukan elite dunia karena ternyata mampu mengalahkan pasukan elite dari beberapa negara lain yang terlalu bergantung pada teknologi akurat, serba digital dan super canggih.


3. Persenjataan Darat
2 
Kelengkapan alat persenjataan darat yang dimiliki, membuat militer Indonesia tak bisa dipandang remeh. Pada tahun 2015, Indonesia menduduki peringkat 12 dunia, setelah setahun sebelumnya hanya menduduki posisi 19. Alat tempurnya lumayan lengkap.
Untuk jenis tank, meliputi Main Battle Tanks (MBT), tank skala medium sampai tank perusak, kendaraan darat untuk tempur tersebut berjumlah 468 buah pada tahun 2015 atau bertambah 94 buah dibandingkan tahun 2014.
Militer Indonesia juga memiliki Armored Fighting Vehicles (AFVs) sebanyak 1.089 unit, Self-Propelled Guns (SPGs) sebanyak 37 buah, Towed-Artillery 80 buah dan Multiple-Launch Rocket Systems (MLRs) sebanyak 86 unit.

4. Persenjataan Laut
3 \
Indonesia sejak dahulu dikenal sebagai negara maritim karena banyaknya pulau yang terpisah oleh lautan. Sehingga, Indonesia terus berbenah membangun kekuatan armada militer lautnya.
Indonesia secara keseluruhan memiliki peralatan, kendaraan dan persenjataan untuk digunakan di lautan sebanyak 171 buah. Jumlah tersebut terbagi atas Corvette (26 unit), kapal selam (2 unit), Coastal Defense Craft (21 unit), dan Mine Warfare (12 unit).
 
 5. Persenjataan Di Udara
4

Indonesia juga sudah memiliki banyak persenjataan udara, baik pesawat tempur hingga helikopter pengangkut yang juga bisa berfungsi dalam peperangan. Rusia adalah salah satu negara yang selalu menjadi langganan RI dalam pembelian alutsista udara.
Tercatat, Indonesia pernah membeli sebanyak 10 jet tempur Sukhoi dari Rusia dan delapan helikopter Apache dari Amerika Serikat pada tahun 2013 lalu. Di tahun 2014, kendaraan tempur udara yang dimiliki Indonesia dalam data GFP tercatat sebanyak 381 buah, mencakup semuanya. Pada tahun 2015 jumlah itu bertambah menjadi 405 unit.
Adapun jet tempur yang dimiliki Indonesia yakni sebanyak 30 buah, Fixed-Wing Attack Aircraft sebanyak 52 buah, pesawat pengangkut sebanyak 187 buah, Trainer Aircraft sebanyak 104 buah dan helikopter (umum dan tempur) dengan total 153 unit.


  
 Referensi :
 wizamisasi.com/kekuatan-militer-indonesia/
 http://efekgila.com/kekuatan-militer-indonesia-yang-ditakuti-dunia/7/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar