Minggu, 07 Februari 2016

10 Kota Pelajar Terbaik di Dunia 2016


Kuliah di sebuah kota yang nyaman tentu merupakan impian setiap orang. Bukan hanya nyaman tapi juga dengan fasilitas pendidikan yang baik dibarengi dengan biaya pendidikan yang terjangkau. Untuk itu kuliah ke luar negeri adalah pilihan terbaik untuk kamu ambil, dimana kota-kota di Eropa, Asia hingga Australia adalah pilihan terbaik untuk saat ini. Kamu bisa mengambil kuliah di kota Paris yang dinobatkan sebagai Kota Pelajar Terbaik di Dunia 2016 menurut QS Best Student Cities index dari 75 kota pelajar terbaik lainnya, ataupun menuju ibukota inggris yaitu London yang memiliki 19 Universitas Terbaik di Dunia 2015/2016 versi QS University Rangking®. Berikut adalah 10 Kota Pelajar Terbaik di Dunia tahun 2016.
1.  Paris
http://www.telegraph.co.uk/travel/destination/article130148.ece/ALTERNATES/w620/parisguidetower.jpg
Kota romantis Paris bukan hanya menjadi tempat favorit untuk mengisi liburan setiap pasangan dan keluarga dari seluruh Dunia namun juga merupakan kota yang menyandang sebagai Kota Pelajar Terbaik di Dunia 4 tahun berturut-turut. Kota Paris menempatkan 18 institusi pendidikan atau universitas dalam daftar Universitas Terbaik di Dunia tahun 2015/2016 ini, yang mana Ecole Normale Supérieure, Paris (ENS Paris) menjadi universitas terbaik dengan peringkat 23 Dunia. Selain ENS Paris ada juga Ecole Polytechnique ParisTech, Université Pierre et Marie Curie (UPMC) dan 15 Universitas Terbaik lainnya. Paris yang disebut-sebut sebagai ibukota dari Eropa ini memiliki banyak sekali budaya dan sejarah yang sangat menarik untuk dipelajari. Dari sekitar 12,3 juta jiwa penduduk yang tinggal di Kota ini ternyata 2,1% nya masih berstatus sebagai seorang mahasiswa. Dan dari sekian banyak mahasiswa yang menemupuh pendidikan tinggi di sini, 18% nya ternyata merupakan para mahasiswa asing yang datang dari seluruh penjuru dunia.
2.  Melbourne
10 kota pelajar terbaik di dunia
Peringkat ke 2 dari 10 Kota Pelajar Terbaik di Dunia 2016 ini berasal dari Australia yaitu Melbourne. Kota yang juga dinobatkan sebagai Kota Terbaik di Dunia untuk ditinggali ini menepatkan 7 Universitas kelas dunia dalam daftar QS University Rangking® 2015/2016 dengan University of Melbourne sebagai yang teratas dengan peringkat 42 Dunia sekaligus menjadi Universitas Terbaik di Australia No.2 setelah Australian National University. Yang menjadikan kota ini sebagai kota terbaik untuk kuliah adalah pertama tentu kualitas hidup yang tinggi dibuktikan dengan predikatnya sebagai kota terbaik di Dunia dan keberagaman mahasiswanya yang mana 30% mahasiswa yang berkuliah di Kota Melbourne berasal dari luar negeri termasuk dari Indonesia tentunya. Selain itu persentase mahasiswa di kota ini juga terbilang tinggi sekitar 5% dari jumlah penduduk yang menghuni kota yang cantik ini.
3.  Tokyo 
10 kota pelajar terbaik di dunia
Saatnya katakan Tokyo sebagai Kota Pelajar Terbaik di Asia bukan hanya sebagai kota urban terbesar di Asia. Kota dengan jumlah penduduk super besar hingga 38 juta jiwa ini unggul dalam hal keamanan dan toleransi yang tentu sangat dibutuhkan bagi para mahasiswa dari luar negeri. Meskipun Tokyo memiliki persentase populasi mahasiswa terkecil di antar 10 Kota Pelajar Terbaik di Dunia lainnya namun dengan 13 Universitas top yang bermarkas di Ibukota Jepang ini membuat tokyo pantas dijadikan destinasi favorit untuk menempuh perkuliahan yang berkualitas, apalagi ditambah dengan biaya kuliah di Tokyo yang terbilang murah dibandingkan kota-kota lainnya dalam daftar ini.
4. Sydney
10 kota pelajar terbaik di dunia
Sydney menemani Melbourne sebagai salah satu Kota Pendidikan Terbaik Dunia yang berasal dari Australia. Berpredikat sebagai kota terbesar di Australia, Sydney mampu berada di peringkat 4 Kota Pelajar Terbaik di Dunia tahun 2016 ini. Kota dengan 5 wakil di dalam daftar Universitas Terbaik di Dunia ini memiliki nilai lebih dari point “Student Mix” atau percampuran mahasiswanya. Sama seperti Melbourne, kota Sydney ini juga unggul dari kualitas hidup dengan masuk dalam 10 Kota Terbaik untuk Tinggal meskipun biaya hidup dan pendidikan di Sydney terbilang mahal sebesar 27.000 US Dollar, jauh lebih mahal dari biaya kuliah di Tokyo yang hanya membutuhkan dana sekitar 7.000 US dollar.
5. London
10 kota pelajar terbaik di dunia
Kita harus akui bahwa London adalah destinasi pendidikan paling populer di Dunia. Itu bisa kita lihat dari para mahasiswa luar yang belajar di ibukota Inggris ini yang mencapai 42% dari total pelajar yang ada. Selain itu London juga merupakah kota dengan 19 Universitas Terbaik di Dunia dan itu merupakan yang terbanyak daripada kota-kota lainnya yang ada di Dunia. Universitas terbaik yang membumi di London antara lain University College London (UCL) yang berada di peringkat 7 sebagai Universitas terbaik di Dunia hingga ICL(Imperial College London) dan KCL(King College London). Tersedianya sarana dan prasarana yang mumpuni seperti Perpustakaan hingga fasilitas penelitian membuat London akan tetap menjadi yang terfavorit para calon mahasiswa menempuh pendidikan yang bermutu. Kota London juga merupakan tempat terbaik untuk kamu berkreativitas dan menggali hal baru menginspirasi dengan atmosfer yang memang sangat kondusif bagi pekerja kreatif untuk terus maju dan berkembang.
6. Singapore
10 kota pelajar terbaik di dunia
Singapore menjadi negara ataupun kota terbaik untuk mahasiswa mencari Ilmu. Singapore memiliki 3 Universitas kelas dunia yaitu Nanyang Technological University (NTU), National University of Singapore (NUS) dan Singapore Management University. Dimana yang paling mencolok tentu NUS yang memiliki peringkat 12 Dunia dalam daftar Universitas Terbaik di Dunia sekaligus menyandang sebagai Universitas Terbaik di Asia. Singapura merupakan pulau kecil yang berada di selat malaka yang ternyata memiliki biaya hidup termahal ke 4 di Dunia menurut Marcer. Namun yang menjadikannya salah satu kota pelajar terbaik di Dunia saat ini adalah kualitas institusi pendidikannya yang tinggi dan tingkat keamanan yang mumpuni untuk mahasiswa yang ingin ketenangan dalam menimba ilmu.
7. Montreal
10 kota pelajar terbaik di dunia
Montreal mengisi peringkat 7 dalam daftar 10 Kota Pelajar Terbaik di Dunia 2016 atau daftar 75 Kota Pelajar di Dunia versi QS Best Student Cities index 2016. Salah satu kota terbaik di Kanada ini merupakan rumah dari 3 universitas terbaik dunia dengan McGill University sebagai yang terbaik dan berada di peringkat 24 Dunia.
8. Hong Kong 

Hongkong menjadi kota ke 3 dari Asia yang menghuni daftar 10 Kota Pelajar Terbaik 2016. Rumah dari 7 Universitas terkemuka ini merupakan salah kawasan ekonomi dan keuangan terbesar di Dunia sejajar dengan New York dan London. Kota yang dinobatkan sebagai runner-up kota termahal di Dunia ini nyatanya tetap memiliki kualitas pendidikan yang diakui Dunia dan merupakan salah satu kota dengan persentase mahasiswa asing tertinggi dengan persentase 30%. Hong Kong University of Science and Technology (HKUST) adalah universitas terbaik di Kota ini dengan peringkat 28 Dunia.
9. Berlin
10 kota pelajar terbaik di dunia
Taukah kamu ternyata di Berlin, Jerman biaya pendidikan itu gratis. Selain memiliki biaya hidup yang murah dan tingkat kenyamanan kota yang terjaga, Kota Berlin juga merupakan kota modern dan pusat bisnis yang menjanjikan di Eropa. Walaupun Berlin hanya menempatkan 3 Universitasnya dalam Top University Rangking® 2015/2016 dan bahkan semuanya berada di luar 100 besar namun  tetap saja Berlin adalah tempat terbaik untuk meraih gelar sarjana dengan biaya super murah.
10. Seoul 
10 kota pelajar terbaik di dunia
Lagi salah satu kota di Asia yang mendapat penghormatan sebagai salah satu kota pendidikan terkemuka di Dunia yaitu Seoul. Ibukota dari Korea Selatan ini bahkan merupakan markas dari 14 Universitas Top Dunia versi QS University Rangking® 2015/2016 dengan Seoul National University sebagai yang terbaik dengan peringkat 36 Dunia dari daftar prestisius Universitas terbaik sejagat.
Itu dia 10 Kota Pelajar Terbaik untuk kamu mengecap pendidikan yang berkualitas. Keberadaan Universitas yang ber-standar Internasional dengan segala fasilitas penunjangnya adalah faktor utama kota-kota diatas pantas disebut sebagai Kota Pelajar Terbaik. Selain itu tentu faktor-faktor vital lainnya pun sangat berpengaruh pada peringkat yang ditempatinya, sebut saja biaya hidup, biaya pendidikan, toleransi, keamanan dan budaya menjadi tolak ukur tersendiri yang menentukan mana-mana saja kota yang pantas menyandang sebagai Kota Pelajar Terbaik di Dunia 2016.

Sumber :  chromler.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar