Jumat, 19 Agustus 2016

5 Cara atasi mata perih karena cabai

ilustrasi mata perih


Cabai atau makanan pedas seakan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Sebab kultur orang Indonesia sangat menggemari makanan yang berasa pedas dan penuh dengan rempah-rempah. Kebanyakan makanan tersebut adalah termasuk makanan berkuah. Terkadang ketika Anda tidak hati-hati saat mengonsumsinya, kuah pedas ini bisa memercik ke mata Anda.

Sering mengalami hal ini? Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan mata perih karena cabai.

1. Susu
Susu membantu untuk menetralisir capcaisin dalam cabai yang menyebabkan sensasi seperti terbakar. Susu juga akan menghilangkan minyak penyebab rasa perih. Caranya adalah bilas mata secara perlahan dengan susu sampai Anda merasa lebih baik.

2. Larutan garam
Tidak banyak yang tahu bahwa air garam mampu mengobati mata yang perih karena cabai. Cobalah untuk membilas mata Anda dengan air jenis ini. Hindari menyentuh mata Anda karena akan mengaktifkan kapiler yang membuat mata lebih sakit.

3. Air
Jika Anda tidak ada alternatif lain, cobalah untuk membilas mata Anda dengan air dingin. Atau Anda bisa mencoba dengan menaruh air di mangkuk berisi air dingin kemudian Anda bisa menenggelamkan muka di dalamnya dengan membuka mata Anda.

4. Handuk
Jika rasa sakit karena mata perih ini masih muncul, tempatkan handuk dingin di mata Anda sampai nyeri atau bengkaknya berkurang.
Mata perih karena cabai memang sangatlah tidak nyaman. Oleh karena itu ketika hal ini terjadi pada Anda, cobalah terapkan cara di atas.



Sumber : www.merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar