Jumat, 19 Agustus 2016

5 Foto Afganistan tahun 1960-an

Lain Sekarang lain pula dulu itulah yang merupakan kalimat yang tepat untuk menggambarkan negara ini, jika mendengar kata Afghanistan mungkin yang akan terpikir oleh kita yaitu negara yang dilanda perang dan stabilitas politik yang belum stabil, tapi beberapa foto di tahun 1960-an ini menggambarkan wajah lain dari Afghanistan pada masa lalu.
Wajah Afghanistan pada 1960 memang sangat berbeda dengan yang sekarang, gambar-gambar ini diambil oleh Dr. Bill Podlich, seorang profesor dari sebuah universitas di Amerika Serikat. Podlich saat itu bekerja untuk UNESCO di Afghanistan sebagai ahli prinsip pendidikan. Foto-foto di bawah ini diambil satu dekade sebelum Soviet menyerang.

1. Mengambil Foto

 Paghman Garden (boredpanda.com)
Seorang gadis tampak sedang mengambil foto di sebuah taman Paghman. Saat itu, Paghman adalah sebuah tempat populer di Kabul, Ibukota Afghanistan. Di taman ini, orang-orang kerap bercanda dan bercengkerama.

2. Mobil-mobil di AISK

 Mobil di AISK (boredpanda.com)
Sebagaimana diketahui, Bill Podlich adalah seorang pengajar. Karenanya, aktivitasnya tidak jauh dari urusan sekolah sehingga lingkungan tempat ia mengambil foto pun berada di sekitar sekolah.
Gambar satu ini ia ambil di salah satu sekolah yang Podlich datangi. Ia mengambil foto ini di tempat parkir American International School of Kabul.

3. Perjalanan di Bus

 Afghanistan 1960 (boredpanda.com)
Sebagaimana kota-kota pada umumnya, bus menjadi salah satu opsi kendaraan transportasi darat di Afganistan. Bila diperhatikan, bus ini terlihat terawat dan ada seorang pria yang, untuk ukuran kekinian, tampak seperti model iklan rambut.

4. Afghan Hound

 Afghan Hound (boredpanda.com)
Afghan Hound adalah salah satu ras yang unik. Bentuknya mudah dikenali ditandai dengan bentuk moncongnya yang panjang, ekor yang keriting di ujungnya, dan bulu yang tebal terutama di bagian kaki. Podlich mengabadikan salah satunya di tanah kelahirannya.

5. TK di Kabul

 Kindergarden in Kabul (boredpanda.com)
Anak-anak TK di Kabul tampak sangat gembira dengan permainan yang hendak mereka mainkan. Piano yang terletak di sudut kiri bawah gambar menandakan ada aktivitas yang melibatkan musik pula untuk mengiringi mereka.


Sumber : 
https://www.selasar.com/budaya/5-foto-afganistan-sebelum-era-taliban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar