Jumat, 05 Agustus 2016

Kisah Mukesh Ambani, pengusaha Terkaya di India





Mukesh Ambani

Nama Mukesh Ambani terkenal di seantero India. Ia merupakan pengusaha atau orang paling kaya di India dan juga masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia. Ia juga memiliki rumah di India yang ditaksir seharga 2 milyar dollar atau sekitar 27,3 trilyun rupiah yang memiliki fasilitas super mewah. Mukesh Ambani lahir pada tanggal 19 April 1957 di Yaman ketika orang tuanya menjadi tenaga kerja disana karena kondisi keluarganya saat itu sangat miskin. Ayahnya bernama Dhirubhai Ambani pendiri Relaince Industries yang menjadi salah satu perusahaan terkemuka di India dan di dunia. Ibu Mukesh Ambani bernama Kokilaben Ambani.

Pada masa kecilnya Mukesh tinggal di apartemen yang kecil yang sempit bersama dengan keluarganya. Namun seiring kondisi keuangan keluarga yang terus membaik akhirnya ia kemudian pindah ke apartemen yang lebih layak. Sekolahnya ia selesaikan di Hill Grange High School, ia kemudian melanjutkan pendidikannya dengan kuliah di University Of Mumbay jurusan teknik kimia dengan gelar B.E. Ia kemudian melanjutkan kuliahnya di Stanford University dan mendapatkan gelar MBA dalam kurun waktu satu tahun saja.

Berkat perusahaan Reliance Industries yang didirikan oleh ayanya bersama sepupunya membuat keluarga Ambani menjadi salah satu taipan atau konglomerat di India. Ayah Mukesh Ambani ayitu Dhirubhai Ambani kemudian meninggal dunia pada tahun 2002 akibat penyakit Stroke. Akhirnya ia kemudian mewariskan perusahaannya kepada dua anaknya yaitu Mukesh dan Anil Ambani.

Dibawah kepemimpinan Mukesh dan adiknya, perusahaan Reliance Industries yang bergerak di sektor pertambangan dan gas berkembang dengan sangat pesat. perusahaan tersebut tercatat mempekerjakan lebih dari 85.000 karyawan pada tahun 2012 dan juga menjadi salah satu sumber pendapatan pemerintah India untuk sektor pajak sebab Reliance Industries menyumbangkan sebesar 5% dari total pendapatan pajak pemerintah India. Perusahaan tersebut dibawah nauangan Mukesh Ambani bahkan masuk dalam daftar Fortune 500 sebagai perusahan terbesar di dunia.


Perusahaan Mukesh Ambani

Sebagai seorang pengusaha dan juga CEO Reliance Industries, Mukesh Ambani kemudian banyak melebarkan sayap usaha perusahaannya di banyak bidang seperti perminyakan, garmen, gas, asuransi bahkan anak perusahaanya lebih banyak bergerak di bidang ritel. Perkembangan yang pesat dari perusahaannya menjadikan pundi-pundi keuangan Mukesh Ambani semakin bertambah.
 
Mukesh Ambani bahkan masuk dalam jajaran 10 orang terkaya di dunia pada tahun 2010. Di tahun 2015 total kekayaannya mencapai 20,8 milyar dollar atau sekitar 284,9 trilyun rupiah menurut majalah forbes dan berada di urutan 39 daftar orang terkaya di dunia. Ia menikah dengan dengan Nita Ambani yang juga seorang pengusaha wanita yang mendirikan Dhirubai Ambani International School.

Mukesh Ambani dan Rumah Termahal di Dunia
Rumah Mukesh Ambani

 Selain rekor sebagai orang terkaya di India, Mukesh Ambani juga memecahkan rekor memiliki rumah termahal di dunia. Ia membangun rumah 27 lantai dengan tinggi 173 meter yang nilainya ditaksir mencapai Rp 9,6 triliun.

Berlokasi di Mumbai, rumah mewah yang disebut Antilia, mengacu pada kepulauan negeri dongeng, itu dihuni oleh Ambani, istri dan ketiga anaknya. Rumah bertingkat yang bentuknya unik itu selain hunian juga berisi tempat-tempat kebugaran dengan gym dan studio tari, juga kolam renang, ballroom, kamar tamu, lounge dan bioskop dengan kapasitas 50 orang.

Khusus untuk tamu-tamunya, Ambani menyediakan berbagai moda transportasi untuk mencapai rumah mewahnya tersebut. Untuk menghindari kemacetan parah di Mumbai, disediakan berbagai jenis transportasi termasuk helikopter. Setidaknya ada 3 heli pad di atas rumah Ambani tersebut. Sementara di lantai bawah, tersedia ruangan parkir yang muat 160 kendaraan.  Di rumah tersebut juga disediakan 9 lift yang tersedia di lobi. Dan untuk mengurus rumah semegah itu, Ambani memiliki sekitar 600 karyawan.

Lantai atas yang menghadap ke kota Mumbai dan Laut Arabia, dihuni oleh keluarga milyuner berusia 53 tahun itu. Luas ruangan setidaknya mencapai 37.000 meter persegi, lebih luas dari Palace of Versailles. Rumah tersebut juga dilengkapi dengan cerobong asap dari kaca, baja dan keramik dengan taman gantung 4 tingkat. Menurut laporan, rumah tersebut hampir seluruhnya menggunakan material lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar